Pages

Kamis, 17 Mei 2012

Pemeriksaan Golongan Darah


Pendahuluan

Apa itu Golongan Darah ???
Golongan darah yaitu Ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Golongan darah yang sering dipakai yaitu golongan darah sistem ABO dan Rhesus :)

Penggolongan
Antigen
Antibodi
Golongan darah
A
Anti B
A
B
Anti A
B
A-B
-
AB
-
Anti AB
O

Golongan darah O adalah golongan darah yang paling banyak di dunia. Sedangkan golongan darah AB adalah golongan darah yang paling langka . 

  • Golongan darah O disebut DONOR UNIVERSAL karena darahnya dapat didonorkan pada semua golongan darah , tetapi hanya dapat menerima dari golongan darah O. *horre golongan darah O baik yaaa :DD
  • Golongan darah AB disebut RESIPIEN UNIVERSAL karena dapat menerima transfusi dari semua golongan darah.

Pemeriksaan

Pemeriksaan golongan darah sangat penting untuk transfusi. Pemeriksaan golongan darah dapat dilakukan oleh seorang ANALIS KESEHATAN .
Pemeriksaan golongan darah ada banyak cara lohhh :D
      1. Cara slide ( kartu )
Cara ini yang paling mudah dan banyak dilakukan di laboratorium.
caranya :
-          Letakkan 1 tetes serum anti A, Anti B, anti AB, dan anti D
-          Tambahkan 1 tetes darah dari darah vena atau darah kapiler
-          Ratakan ke tepi slide dengan lidi
-          Perhatikan ada / tidakknya aglutinasi
Seorang probandus yang memeriksa darahnya di laboratorium dengan cara ini akan mendapatkan hasil golongan darahnya untuk disimpan.

aku ada beberapa contoh hasil pemeriksaan Golongan Darah cara slide yang dilakuin di lab sekolah niih :)
Golongan darah B
Golongan darah A
Golongan darah AB




     









Golongan darah O
      
       2. Cara tabung
            Cara ini akan terlihat lebih jelas hasilnya .
            caranya :
-          Buat suspensi sel darah dalam larutan garam ( hemetokrit 2% )
-          Masukkan 1 tetes serum anti A, anti B, anti AB, dan anti D pada masing-masing tabung
-          Tambahkan 1 tetes suspensi sel darah merah pada masing-masing tabung, campur
-          Pusing 1 menit 1000 rpm
-          Goyang dan perhatikan adanya aglutinasi

Interprestasi hasil
Anti A
Anti B
Anti AB
Golongan darah
-
-
-
O
+
-
+
A
-
+
+
B
+
+
+
AB

( + ) : terjadi aglutinasi
( - ) : tidak terjadi aglutinasi

Apa itu Golongan darah Rhesus ?? penting nggak yaaaa ?
Rhesus adalah suatu factor yang terdapat pada sel darah merah yang ditemukan pertama kali oleh Lainsteiner dan Liner pada tahun 1940 melalui injeksi sel darah merah kera ke tubuh kelinci. *waaow :0
Sebagian besar Rhesus manusia di dunia adalah ( + ) . Sedangkan Rhesus ( - ) biasanya dimiliki oleh orang-orang di Eropa.
Perbedaan Rhesus seorang laki-laki dan wanita yang telah menikah akan mempengaruhi kelahiran keturunannya. Mungkin keturunan mereka hanya aka nada 1 yang normal. Anak selanjutnya kemungkinan terlahir cacat . *So, periksalah Rhesus pacar Anda sebelum menikah :D hhaha

FENOMENA GOLONGAN DARAH
Golongan darah itu terbentuk sesuai keturunan. Tapi kenapa terkadang golongan darah seorang anak berbeda dengan orang tuanya ?? *pasti curiga dong yaaa :p
Sebenarnya hal tersebut dapat terjadi, golongan darah seseorang ditentukan oleh genotipe seorang ayah dan ibu .
Golongan darah ABO
Genotipe
A
IAIA
IAIO
B
IBIB
IBIO
AB
IAIB

O
IoIo


Jadi dari tabel diatas dapt dikatakan bahwa seorang laki-laki A hetero (IAIO ) menikah dengan wanita golongan darah B hetero (IBIO ) , keturunannya bisa memiliki genotipe :
                25 % : IAIB
                25 % : IAIO
                25 % : IBIO
                25 % : IOIO
Jadi seseorang dapat memiliki golongan yang berbeda dengan kedua orang tuanya . *so ngga perlu curiga-curigaan lagi deh sama orang tuuua kita :DD
Ada beberapa fenomena yang menyebabkan golongan darah seseorang berubah . *kok bissaa ? anehhh kaan?
Menurut informasi yang saya terima , kejadian perubahan golongan darah diduga karena terjadi perubahan dalam sumsum tulang yang memproduksi sel darah merah.

PENUTUP
Demikianlah sekilas mengenai Golongan Darah yang dapat saya sampaikan. Perlu diingat bahwa pemeriksaan ini sangat penting. So, buat kalian-kalian yang belum cek golongan darah buruuan periksa sebelum terlambaat . *hloooh :p

Sekian dan terima kasih  :D

references :
Buku Penuntun Laboratorium
Buku Gandhasubrata 

2 komentar:

diah adwi mengatakan...

wii makasih banyak yah infonya :D
jangan lupa kunjungi blog aku juga yaaahh hehehe tq :D

Dimas Arie Prasojo mengatakan...

Analisis yang sangat bagus. Saya suka tulisannya...

Poskan Komentar